Sabtu, 13 April 2013

Kampus Kita Merupakan Ladang Dakwah Kita


Pandu Wibowo
LDK Komda FISIP
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Salah satu keberhasilan dakwah kita adalah mau bersabar dan terus berjuang di jalan dakwah ini. Kita sebagai mahasiswa dimana akan menjadi cikal bakal pemimpin harus memiliki target dakwah di kampus kampus, yakni li I’laai kalimatillah (Meninggikan Kalimah Allah). Dakwah di kampus itu ibarat mengarungi samudera di laut Indonesia. Mengapa saya katakan seperti itu? Di kampus banyak sekali orang orang yang pintar dan kritis terhadap sesuatu. Multi etnis pun ada di kampus kita, ada mahasiswa yang berasal dari daerah mana mana. Dari beragam mahasiswa di kampus kita itu merupakan ladang dakwah kita, mari kita satukan mereka menjadi satu ikatan persaudaraan. Mari kita nasyrul hidayah (menyebarkan petunjuk) kepada saudara saudara kita di kampus.
Dakwah itu tidak sepenuhnya lancar, banyak karang dan ombak yang terkadang menggoyahkan kapal dakwah kita. Tapi dengan ukhwah yang kuat dan keistiqomahan kita terhadap dakwah di kampus ini akan membuat kapal dakwah ini menjadi kuat. Jika pergerakan dakwah kita sesuai dengan irsyadat (bimbingan) dan taujihat (arahan-arahan) rabbaniyyah wa-nnabawiyah (Rabb dan Nabi), kita akan dimenangkan oleh Allah SWT, Insya Allah.
LDK (Lembaga Dakwah Kampus) merupakan salah satu kapal dakwah kita, dimana kapal itu telah di bentuk oleh Allah, dan Allah sendiri yang memilih nahkoda dan awak awaknya. Kita merupakan satuan yang utuh yang telah di berikan amanah oleh Allah untuk berdakwah dan berdakwah. Usia kita memang masih muda, diri kita memang masih belum sekuat da’i da’i di Indonesia, tapi perlu antum ingat sekalian Allah sedang melatih kita semua untuk menjadi pemimpin dan pejuang pejuang dakwahnya. Kita di latih dari mulai lingkup yang kecil yaitu kampus, setelah itu lingkungan, dan negara. Mungkin saja nanti di antara kita akan lahir ustad dan ustadzah yang siap berdakwah di tingkat pemerintahan. Perlu kita ingat ghayah (target akhir) dakwah kita bukan hanya di kampus melaikan dunia.
Saudara saudara ku sekalian jadilah pemenang dalam setiap tantangan, Allah akan sangat senang jika kita semangat dalam menerima tantangan tantangannya. Organisasi organisasi dakwah di kampus kampus banyak, tapi marilah kita berlomba lomba dalam mendapatkan kebaikan dengan mereka. Sikap intelek para mahasiswa di kampus bisa menjadi ujian bagi kita, mereka terkadang mengeritik dan mengejek langkah dakwah kita. Entah apa yang kita perbuat sehingga mereka seakan mengasingkan dakwah kita. Tapi perlu kita ingat, Rasul pernah menagatakan Islam itu asing, dan akan kembali asing pada zaman seperti kita. Inilah tugas kita, kita harus buktikan bahwa Islam adalah agama yang paling benar di antara agama agama yang lain.
Dalam Al Quran dikatakan bahwa “Hai orang orang yang beriman, jika kaliang menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolong kalian dan mengukuhkan kedudukan kalian” (QS. Muhammad {47}: 7). Kita harus percaya bahwa Allah akan menolong kita jika kita terombang ambing oleh ombak cobaan dakwah kita. Kita ini ada di dalam kapal dakwah yang sedang mencari tujuan yaitu pulau yang indah. Sebelum kita menemukannya kita pun harus melewati karang dan ombak, maka dari itu bangunlah kapal dakwah ini dengan kuat dan terjanglah karang dan ombak sehingga kita bisa menemukan target kapal dakwah kita yaitu pulau yang indah melainkan surganya Allah SWT.
Insya Allah, jika kita dinilai Allah sebagai pemenang, Allah akan memberikan kemenangan yang dinilai oleh manusia. Hamasah, Allahuakbar Allahuakbar

@pandu_wibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar