Sabtu, 20 Juli 2013

Melayani Maba dengan Cinta dan Kerja


Assalamualaikum Wr Wb

Saudara saudaraku......

Tahukah kita bahwa kita telah kedatangan tamu istemewa di kampus kita. Tamu tersebut adalah mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mahasiswa yang akan menjadi calon calon mujahid baru masa depan bangsa. Tentunya ini merupakan ladang dakwah kita bersama yang jika kita abaikan dan tinggalkan akan membuahkan sebuah keruguian dan penyesalan dalam diri kita sebagai aktivis dakwah kampus. Tapi sebaliknya jika kita isi ladang dakwah ini maka berkah melimpah insyaAllah akan datang kepada kita.

Momentum penyambutan mahasiswa baru sendiri merupakan sebuah momentum yang sangat penting bagi sebuah lembaga dakwah kampus, karena disini kita harus menjalankan misi dakwah kita yaitu melayani umat. Melayani dengan ikhlas, melayani dengan cinta, dan melayani dengan kerja agar mereka sang tamu merasa nyaman untuk tinggal, belajar, atau bahkan sampai mau berdakwah bersama sama kita nantinya. Kalau kita sering mendengar tamu adalah raja, tapi sesungguhnya mahasiswa baru ini lebih dari raja. Mareka adalah saudara kita, mereka adalah titipan Allah SWT yang insyaAllah dititipkan ke kita, untuk kita bantu ketika mereka membutuhkan informasi terkait kampus.

Saudara saudara sekalian.....

Mari kita ucapkan “Selamat Datang Saudaraku” kepada mereka mahasiswa baru. Dan mari kita luruskan niat kita bahwa agenda atau program yang kita lakukan ini semata mata karena Allah SWT. SDS 2013 bukan sebuah ajang pencitraan dan prekruitan mahasiswa baru seperti yang banyak orang bilang, melainkan sebuah ajang penyambutan dan bantuan cinta kasih kita kepada mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sudah menjadi kewajiban kita saling membantu sesama muslim, karena sesungguhnya mereka (Maba) adalah saudara kita, saudara se akidah yang memang perlu kita sambut dan bantu dengan cinta. InsyaAllah jika dakwah kita adalah nasyrul hidayah (menyebarkan petunjuk) dan li I’laai kalimatillah (meninggikan kalimah Allah), Allah akan mengabulkan segala doa doa serta memudahkan kerja kerja dakwah kita untuk melayani mahasiswa baru di kampus tercinta ini.

Dan orang-orang yang telah menempati Kota Madinah dan telah beriman (Anshar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.
(QS. Al Hasyr : 9)

Ayat di atas jelas menggambarkan begitu indahnya tali persaudaraan yang diikat dalam satu kesatuan ideologi yaitu Islam. Kalau kaum Anshar bisa menerima serta mencintai kaum Muhajirin yang hijrah ke tempatnya. Selain itu kaum Anshar melayani serta membantu kaum Muhajirin pada kala itu. Kita pun perlu seperti mereka. Kita perlu menyambut mahasiswa baru dengan cinta dan rasa kebahagiaan, karena sesungguhnya kita telah dipertemukan dan dipersaudarakan oleh Allah dengan skenario skenarioNya di tempat yang insyaAllah menjadi awal kesuksesan pergerakan dakwah kita. Kita yakin jika pelayanan dakwah kita sesuai taujihat (arahan-arahan) rabbaniyyah wa-nnabawiyah (Rabb dan Nabi), kegiatan SDS 2013 akan dimudahkan dan disukseskan oleh Allah SWT, insyaAllah.

Saudara saudara sekalian....

Syukur tak terkira kita haturkan kepada pemilik hati yaitu Allah SWT. SDS 2013 ditakdirkan Allah SWT jatuh di bulan yang penuh berkah dan cinta yaitu bulan Ramadhan. Alhamdulillah kita bisa mewakafkan beberapa waktu, tenaga, dan fikiran kita untuk agenda yang insyaAllah mulia ini. Kita bisa bertemu dan menyambut mereka (Maba) dengan senyuman ikhlas karena Allah. Dan di universitas inilah mereka akan menemukan bagaimana ilmu agama dan sosial bersatu padu menjadi ilmu yang besar. Itulah sebabnya kita panitia SDS 2013 mengangkat Tema SDS 2013 “Ibadah, Cinta, Kerja”. Karena inilah nilai nilai inti yang ada di benak kita sebagai aktivis dakwah. Yang dimana ke tiga nilai inti inilah akan kita pakai untuk melayani calon calon mujahid baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kita sesungguhnya yakin apa yang kita telah kerjakan di SDS 2013, mulai dari melayani mereka mahasiswa baru, memangkas waktu kita untuk kegiatan ini, menguras fikiran kita untuk mengurusi kegiatan ini juga merupakan “IBADAH” di sisi Allah SWT, insyaAllah. Setelah Ibadah, tema kita adalah “CINTA”. Cinta adalah bahasa universal yang mudah di pahami oleh seluruh semesta. Cinta inilah yang melahirkan semua kebaikan di muka bumi. Keniscayaan akan senantiasa di raih, jika kerja kerja dakwah kita termotivasi cinta kepada Allah SWT. Umar ibn Aziz ketika menjadi khilafah pada kala itu memakai cinta untuk membangun dan melayani rakyatnya. Semuanya terayomi dengan bingkai cinta  yang di rajut oleh sang pemimpin yaitu Umar ibn Aziz. Sehingga dalam dua tahun ke khalifahannya tidak ada lagi rakyat yang menerima zakat. Mereka semua merasa adil dan sejahtera, itulah kekuatan cinta. Dan yang terkahir adalah “KERJA”. Kerja merupakan kunci semua keberhasilan, tidak ada keberhasilan nyata tanpa dilakukan dengan kerja nyata. Apalagi kerja yang kita lakukan merupakan misi suci insyaAllah, misi melayani umat. Dimana kerja kita di SDS 2013 adalah murni membantu mereka mahasiswa baru menemukan banyak informasi terkait kampus dan lain lain, bukan sebagai ajang prekruitan organisasi.

Saudara saudaraku sekalian.....

Saya sebagai ketua pelaksana SDS 2013 menghimbau kepada seluruh panitia SDS 2013 untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa baru. Karena kita harus selalu dekat dan melayani mereka. Mengutip kata kata ketua LDK 2012 Ilham Fauzi “setiap orang yang antum bantu akan membantu antum ditempat lain, di lain waktu atau didunia lain (jannah)”. Mari kita jaga juga kedisiplinan kerja kerja dakwah kita di kegiatan ini. Iqob yang kita sepakati jika telat dan tidak disiplin tidak seberapa jika dibandingkan harta yang dikeluarkan oleh pejuang pejuang Islam dalam memperjuangkan agama ini. Hanya karena cintaNyalah kita mampu ikhlas, kuat, dan mampu melayani mereka dengan baik. Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar !!!, Selamat Datang Saudaraku.

Wallahu’alam ,  semoga tulisan ini bermanfaat untuk saya dan antum sekalian

Penulis
Pandu Wibowo (Ketua Pelaksana SDS 2013)

Mahasiswa FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar