Minggu, 07 Juli 2013

Perkenalkan Nama Kami LDK Komda FISIP


Ikhwan wa akhwat fillah, menjelang datangnya bulan kemenangan (Ramadhan) ini, lokomotif dakwah kita yang bernama LDK Komda FISIP telah berusia 3 bulan 16 hari. Dan kita sebagai kader kader LDK Komda FISIP tidak henti hentinya bersyukur kepada Allah swt yang telah mempertemukan kita dalam satu lingkaran cinta. Dimana didalam lingkaran cinta tersebut ada sebuah misi, misi yang sangat mulia yaitu dakwah Islamiyah.
Kita adalah generasi baru FISIP UIN Jakarta, generasi baru yang memperjuangkan dakwah melalui komisariat dakwah FISIP atau yang  kita kenal sebagai LDK Komda FISIP. Lalu kita bersama sama ikut mengawal jalannya dakwah di FISIP, dan sekarang... dan sekarang... dan sekarang kita siap menjadikan FISIP UIN Jakarta menjadi ladang dakwah kita bersama, sehingga nilai nilai Islam yang ada di Al Qur’an dan As Sunnah bisa tertanam di seluruh mahasiswa, dosen, serta pegawai FISIP UIN Jakarta.

Ikhwan wa akhwat fillah...

Tahukah antum sekalian bahwa awal terbentuknya LDK Komda FISIP hanya 5 orang, yang terdiri dari 1 akhwat dan 4 ikhwan. Tapi Alhamdulillah dengan restu Allah swt, Allah telah memberi kita kemudahan dalam dakwah Islamiyah ini. Hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan kader kader LDK Komda FISIP bertambah dan terus bertambah. Dan sekarang jumlah kader kita sudah tersebar di semua jurusan FISIP, baik itu Ilmu Politik, Hubungan Internasional, dan Sosiologi.  Jumlah kader dan simpatisan kita sekarang semakin banyak, itu semua tidak lepas dari pertolongan Allah swt. Karena pada hakikatnya dakwah itu akan terus tumbuh dan berkembang. Kita harus yakin lahirnya dakwah di FISIP merupakan isyarat besar bahwa kemenangan nyata Islam akan segera ada di fakultas yang kita cintai ini.
Melakukan dakwah itu tidak semudah yang kita fikirkan. Mengutip kata kata Alm Ustad Rahmat Abdullah: “Dakwah itu sakit, dakwah itu akan menguras segala tenaga, waktu, dan pikiran kita”. Tapi dari getirnya dakwah tersebut kita bisa meneguk sebuah cintanya Allah yang begitu besar kepada kita, karena JannahNya telah menunggu. Tahukah kita tidak pernah ada dalam sejarah nabi-nabi itu satu model kehidupan yang ringan. Tidak pernah ada hidup yang santai, hidupnya selalu keras. Tapi mereka selalu santai dalam menghadapi tantangan yang keras itu. Tahu kenapa? Karena mereka memiliki cinta yang begitu besar dalam dakwah Islamiyah ini. Maka dari itu kita harus belajar dari sejarah pendekar pendekar dakwah di dunia ini, bahwa dakwah yang dilakukan dengan sungguh sungguh akan membuahkan hasil kemenangan dakwah yang nyata.

Ikhwat wa akhwat fillah...

Saya memiliki sebuah pertanyaannya besar seandainya seluruh mahasiswa yang suka dakwah di beri pilhan, dimanakah mereka ingin menimba ilmu dan berdakwah? Maka saya ingin mereka semua mencatatnya tebal tebal bahwa mereka ingin menimba ilmu dan berdakwah di FISIP UIN Jakarta. Karena di fakultas inilah mereka akan menemukan bagaimana orang orang memadukan ilmu sosial dan agama (Islam) untuk membangun bangsa dan negara. Dan di fakultas inilah mereka akan menyaksikan betapa indahnya berdakwah bersama kita semua. Itulah sebabnya kita mengangkat jargon Komda kita yaitu “ISLAM: Iman, Sabar, Luar biasa, Amanah, dan Mulia”, karena inilah nilai nilai yang ada di dalam jiwa pemuda pemudi Indonesia. Dan jika nilai nilai itu dihidupkan kembali, kita Insyaallah bisa menjadikan FISIP UIN Jakarta menjadi salah satu mercusuar dakwah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ikhwan wa akhwat fillah...

Detik bulan kemenangan (Ramadhan) akan datang. Ini saatnya kita berintropeksi diri kembali serta memperbaiki apa yang kurang dalam diri kita. Ini adalah Ramadhan pertama yang dirasakan LDK Komda FISIP. Saya menghimbau kepada seluruh kader LDK Komda FISIP yang pulang kampung ke Gorontalo, Bengkulu, Padang, Serang, Cirebon, Lamongan, dan sekitar Jabodetabek bisa mengisi waktu Ramadhan ini dengan sebaik baiknya. Sesungguhnya asal kita dari daerah daerah yang jauh dan berbeda beda, ada yang mewakili Pulau Sumatra, Sulawesi, Jawa, tapi Allah memberi kita petunjuk untuk datang bersama sama serta berkumpul untuk menimba ilmu di sebuah pusat ibu kota Indonesia yaitu Jakarta. Dan di kota inilah kita bersama sama belajar di Universitas dan Fakultas yang sama sehingga kita bisa bersama sama juga bisa bersinergi dalam misi dakwah ini.
Mari lihat kami, mari dengar kami, dan mari perhatikan kami “Perkenalkan Nama Kami LDK Komda FISIP”, sebuah lembaga dakwah yang telah lahir untuk menjalan proyeknya Allah di fakultas kami yaitu dakwah. Tapi sesungguhnya yang kita ingin perkenalkan bukan sekedar nama melainkan sebuah ideologi, ideologi yang mampu menjadi solusi dari segala permasalahan yaitu Islam.

Ikhwan wa akhwat fillah...

Mari kita tanamkan visi LDK Komda FISIP ke dalam diri setiap kader kader kita yaitu membentuk muslim yang berintelktualitas dan saling bersinergi dalam dakwah Islamiyah. Karena sesungguhnya kita harus menjadi calon calon pemimpin dan pemandu bagi agaman, bangsa dan negara kita di masa depan. Rasulullah pada usia yang muda telah dipercayai Allah menjadi Rasul, Solahudin Al Ayubi pada masa muda bisa menaklukan konstatinopel, Hasan Al Bana pada usianya 28 tahun bisa membentuk gerakan dakwah terbesar di dunia, Ikhwanul Muslimin, dan M. Natsir pada masa mudanya sudah terfikirkan membentuk wadah persatuan umat Islam melalui Masyumi. Dan sekarang kita... dan sekarang kita... dan sekarang kita harus bisa menjadi pemuda muslim yang bisa berguna bagi agama, bangsa, dan negara di masa depan nanti.  Dan sebelum beranjak kesana mari kita bersama sama mensukseskan investasi pohon pohon dakwah kita di FISIP UIN Jakarta dengan kerja kerja nyata dakwah kita. Sehingga kita, Insyaalllah sebentar lagi akan memanen pohon pohon dakwah yang telah kita tanam 3 bulan yang lalu. Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar !!!
Marhaban Ya Ramadhan



Penulis: Pandu Wibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar